Cara Saya berbagi tentang : Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up Untuk Menambah Wawasan

Cara Saya berbagi tentang Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up dapat sharing dengan yang lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up pada blog ini
Artikel SEO dari Blogger Tune-Up - Dunai SEO memang sangat menarik untuk dikaji, selain karena menantang, SEO merupakan teknik yang sangat misteri. Hal ini disebabkan tidak ada satu pun search engine (mesin pencari) yang membuka tentang teknologinya dalam mengindeks blog atau website yang ada didunia. Dunia SEO hampir bisa dikatakan sebagai dunia teka-teki, keberadaannya nyata namun entah bagaimana mereka bekerja. Kebanyakan master blogger melakukan research dengan teknik trial and error pada blogger atau website yang di kelolanya. SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang digunakan untuk mengoptimasi atau untuk meningkatkan kualitas website atau blogger dimata mesin pencari sehingga suatu situs atau website akan menempati peringkat pertama pada daftar pencarian (SERP=Search Engine Result Page) dengan kata kunci tertentu di berbagai mesin pencari.
SEO Blogger
Siapa pun pemilik website atau blogger berharap bahwa blog atau website yang dikelolanya menempati peringkat terbaik dimata mesin pencari apapun kata kunci yang digunakan dalam kategori tertentu. Namun hal ini sangat sulit diimplementasikan dan membutuhkan kesabaran, sehingga proses-proses yang dilakukan untuk mengoptimasi suatu blog atau website agar menempati peringkat terbaik pada mesin pencari adalah suatu perkara yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Bahkan banyak blogger yang terjebak pada teknik Black Hat SEO atau teknik SEO dengan jalan pintas dan tidak jujur, hal ini justru merugikan blognya sendiri ketika suatu mesin pencari menemukan teknik-teknik licik untuk meningkatkan peringkat blog atau website bahkan kemungkinan terbesar blog atau website yang menerapkan teknik Black Hat SEO akan di hempaskan (dikeluarkan) dari daftar indeks mesin pencari. Keluarnya blog atau website dari daftar indeks mesin pencari sering dikenal dengan istilah Sandbox (Google Penalty).
Pada artikel kali ini Blogger Tune-Up tidak akan membahas apa itu Black Hat SEO maupun White Hat SEO, namun akan membahas beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan para blogger dalam penerapan SEO pada blog atau situs yang dikelolanya. Hal-hal dibawah ini harus dihindari agar kegiatan ngeblog anda tidak terganggu.

Kesalahan Fatal SEO

1. Keyword
Keyword yang salah target, bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada para blogger, justru perusahan-perusahaan besar pun banyak melakukan kesalahan dalam hal keyword yang salah sasaran. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan persepsi terhadap "kata kunci" yang sering digunakan oleh para pengguna mesin pencari. Misal kita menggunakan kata kunci "jQuery" pada blog yang kita kelola, padahal para pengguna mesin pencari tidak pernah menggunakan kata kunci tersebut sehingga sehebat apapun artikel yang ada pada blog tersebut, jelas mesin pencari tidak akan mengarahkan para penggunanya ke blog yang menggunakan kata kunci "jQuery". Agar kita tidak salah sasaran/target pengunjung, tidak ada salahnya kita menggunakan perangkat (tool) bantuan dalam menganalisis dan menemukan kata kunci (keyword) yang paling sering digunakan oleh para pengguna mesin pencari yang kira-kira cocok untuk blog yang kita kelola. Contoh tool gratisan yang bisa kita gunakan adalah Keyword Suggestions.

2. Meta Tag
Terlalu terfokus pada meta tag adalah kesalahan berikut yang sering dilakukan oleh para pengelola blog atau website. Para pemilik blog menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengoptimisasi meta tag, padahal search engine memiliki teknologi baru dengan alogaritma dari crawler dan robot search engine yang sama sekali tidak melihat lagi meta tag sebagai acuan utama. Hal terpenting bagi blogger sekarang akan lebih baik jika memperkaya konten dari blog atau website yang dikelolanya hal ini untuk memberikan kesempatan lebih besar kepada search engine untuk melakukan indeks blog dari kata kunci yang tersedia banyak pada konten.

3. Blog Gratis
Inilah kelemahan alami para blogger gratisan. Sebenarnya bukan kesalahan fatal namun kesempatan dan kemauan yang sulit terealisasi. Siapapun pasti ingin memiliki/menyewa hosting sendiri dalam kegiatan blog-nya. Namun terkadang keadaan memaksa kita untuk memanfaatkan yang tersedia. Hal ini harus kita akui sebagai para pengguna blog gratisan termasuk diakui oleh Blogger Tune-Up bahwa kelemahan menggunakan blog gratisan adalah sulit meningkatkan kualitas SEO. Bahkan Blogger Tune-Up menemukan hal yang sangat menyedihkan ketika beberapa artikel asli justru diakui oleh blogger lain yang menggunakan layanan hosting sendiri dan lebih menyedihkan lagi ketika menggunakan kata kunci tersebut justru blog bajakan yang nangkring di posisi pertama. Namun Blogger Tune-Up yakin, dengan kualitas artikel yang selalu original dan murni hasil pemikiran akan menggeser dominasi blogger hosting berbayar yang ternyata hasil plagiat. (Ayo kita buktikan!!!)

4. Backlink
Backlink bagaikan dua sisi mata uang, ada sisi yang menguntungkan namun ada sisi lain juga yang merugikan. Backlink yang baik itu berasal dari blog, website atau forum dengan kategori dan konten yang sama/mirip dengan konten dari blog yang kita kelola. Kesalahan para blogger dalam meraih backlink salah satunya dengan bertukaran link dengan blogger lain tanpa memperhatikan materi yang di buat oleh blogger lain. Seandainya satu materi dengan blog kita merupakan keuntungan bagi blog kita, namun jika berbeda materi itulah yang merugikan, karena terlalu banyak backlink yang berasal dari blog yang berbeda materi sering menjadikan backlink tersebut sebagai spamming backlink. Terlalu banyak spamming backlink akan membuat blog kita di banned oleh mesin perncari, maka berhati-hatilah dalam backlink, dan akan lebih baik melakukan pertukaran link itu dalam suatu konten atau artikel, misal dengan saling membahas suatu materi yang saling terkait. Satu blog membahas suatu materi yang ada pada blog lain dan blog yang dimaksud juga melakukan pembahasan materi unik lainnya dari blog sahabatnya. Itu hal terbaik dalam teknik backlink.

5. Image (Gambar)
Gambar merupakan bagian untuk memperkaya konten blog, namun kesalahan yang sering dilakukan yaitu tanpa memberi keterangan pada gambar, sehingga search engine tidak menemukan apa-apa dan tidak dapat mengkaitkan gambar dengan konten artikel. Ini merupakan salah satu kerugian bagi para pemilik blog, gambar tanpa keterangan kurang bermakna bagi konten dan lebih baik kita memberikan keterangan pada gambar yang berfungsi sebagai pelengkap konten blog. Keterangan gambar bisa diberikan dibawah atau diatas gambar, atau memberikan keterangan gambar melalui tag alt, tag title atau dengan memanfaatkan kedua tag tersebut.

6. URL
Nah, ini merupakan kesalahan lainnya yang sering dilakukan oleh para blogger. Pernahkah kita mencoba menggunakan kata kunci tertentu pada mesin pencari dan mesin pencari menampilkan URL dari kata kunci yang kamu masukan? Jika pernah mencoba namun keyword yang kita gunakan tidak menampilkan URL yang menuju blog anda, itu menunjukan bahwa URL yang kita sertakan pada blog tidak mengandung keyword dan itu berarti ini kerugian lagi bagi pemilik blog. Gunakan tag title atau tag alt untuk memasukan keyword pada URL yang kita sertakan pada blog kita, hal ini bisa merupakan bagian dari SEO.

Selamat mengkaji kembali blog yang kita kelola, dan jadilan blogger yang mampu menganalisis SEO dengan baik tanpa kesalahan-kesalahan lagi seperti yang disebutkan diatas. Jika mempunyai masukan lain, silahkan tinggalkan pada komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Happy Blogging :)
 
Cara Saya berbagi tentang Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Kesalahan Fatal SEO by Blogger Tune-Up dapat sharing dengan yang lainnya

0 comments:

Posting Komentar