Cara Saya berbagi tentang : Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Untuk Menambah Wawasan

Cara Saya berbagi tentang Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama dapat sharing dengan yang lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama pada blog ini
Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Baterai Laptop
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips sederhana tentang "Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama". Baterai adalah komponen penting yang terdapat pada laptop, tentunya karena baterai laptop adalah catu daya (power supply) laptop. Baterai laptop ini adalah komponen yang penting dan sangat berpengaruh pada kemampuan laptop dalam menampilkan layar.

Berikut ini Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama:

1. Jangan charge hingga kepenuhan saat laptop mati

Melakukan pengisian baterai sampai kepenuhan terbukti menyebabkan lama daya tahan baterai berkurang. Dengan kebiasaan men-charge laptop menyebabkan baterai panas tak terkendali sehingga terjadi uploader kapasitas nya dan baterai tersebut menjadi berkurang daya tampungnya. 

2. Jangan bekerja pada laptop dalam kondisi baterai < 25%

Kondisi baterai yang memiliki kapasitas daya yang hampir habis <25 % menyebabkan baterai dalam kondisi tertekan untuk melaksanakan pekerjaan besar nya ditambahlagi pekerjaan yang memerlukan beban kerja baterai yang besar seperti download, upload, atau memainkan multimedia seperti video, musik dll.

3. Jangan lepas baterai ketika laptop dihidupkan

  • Mode AC tanpa baterai memungkinkan terjadi kerusakan pada motherboard akibat listrik tidak stabil / listrik mati mendadak, dan jika motherboard rusak sama aja dengan kerusakan pada laptop keseluruhan. Tapi memang menghemat baterai (namanya juga gak dipakai, ya pasti awet itu baterai)
  • Mode AC dengan baterai memungkinkan terjadi penurunan kualitas baterai tapi sangat aman bagi kesehatan laptop jika terjadi listrik mati mendadak.

4. Lepas baterai laptop jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu lama (> 24 jam)

5. Lakukan kalibrasi baterai setiap 30 kali charge (default)

*Kalibrasi digunakan agar kalkulasi baterai tetap akurat, berikut adalah caranya:
  • Charge laptop sampai penuh (100%) dan biarkan kabel charge tertancap selama 2 jam sembari digunakan lepi buat aktifitas
  • Aktifkan system hibernate
  • Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai lepi udah habis (critical battery)
  • Gunakan lepi dengan aktifitas-aktifitas sobat dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate dilakukan
  • Selama hibernate diamkan laptop selama kurang lebih 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap
  • Setelah 8 jam, charge laptop selama sampai penuh namun laptop dalam kondisi masih hibernate (belum dihidupkan)
    Demikian penjelasan singkat tentang Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.
    Cara Saya berbagi tentang Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama dapat sharing dengan yang lainnya

    0 comments:

    Poskan Komentar