Anda mungkin pernah mendengar ungkapan bahwa "memulai sesuatu adalah bagian yang tersulit". Hal ini tidak berbeda dengan memulai bisnis. Bagi sebagian orang, memulai usaha adalah bagian tersulit dalam berbisnis.Nah, kesulitan ini bukanlah tidak bisa diatasi. Asal ada niat, kesulitan semacam ini tentunya bukan menjadi halangan Anda dalam berbisnis.Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu wirasusaha pemula dalam memulai usaha, yang dilansir Ciputra Enterpreneurship.


  • Miliki mimpi
Bermimpilah Anda akan memiliki perusahaan besar dengan omzet hingga milyaran rupiah. Mimpi merupakan awal dari kesuksesan yang besar. Mimpi inilah yang akan menjadi motivasi untuk mendapatkan ide dalam usaha Anda.


  • Persiapkan Mental yang Kuat
Menjadi pengusaha dan memiliku usaha sendiri tentunya berbeda dengan menjadi karyawan di suatu perusahaan milik orang lain. Menjadi pengusaha berarti Anda harus menginvestasika kembali penghasilan Anda, berbeda dengan menjadi karyawan yang bisa menghabiskan gajinya. Selain itu, Anda juga harus siap mengorbankan waktu dan tenaga Anda untuk membangun usaha ini. Karena itu Anda harus terlebih dulu memiliki mental pengusaha dalam diri Anda.


  • Buatlah Rencana Bertahap
Rencana adalah hal yang penting. Mualilah membuat rencana dari modal. Jika Anda hanya memiliki modal sedikit, ikuti saja peraturannya. Pikirkanlah secara matang dalam menggunakan modal tersebut. Rencanakan sesuai kepentingan dan yakinlah bahwa keuntungan akan datang sendiri bila Anda menjalankan usaha dengan benar. Ingatlah tidak ada di dunia ini yang instan.


  • Miliki Visi dan Misi yang Jelas
Visi dan misi penting bagi Anda untuk menentukan arah dalan berbisnis. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis Anda ini. Tanpa visi dan misi, maka Anda akan kehilangan arah dan fokus. Ini bisa saja berakhir dengan kebangkrutan. Milikilah visi usaha untuk jangka panjang.


  • Susun Rencana dan Ide Kreatif
Berusahalah untuk terus mencari ide bisnis yang kreatif. Baik dari segi produk yang sedang Anda kerjakan, pengelolaan modal,penjajakan jaringan hingga rencana kreatif lainnya yang lebih efektif. Ide kreatif juga diperlukan agar Anda bisa masuk ke dalam bisnis yang menegangkan. Milikilah rencana cadangan dan ide yang kreatif.


  • Tempat Usaha yang Strategis
Tempat yang strategis bisa dikatakan menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Namun bukan berarti tempat yang startegis adalah segala-galanya. Bila ternyata Anda tidak bisa mendapatkan lokasi yang strategis, Anda bisa menjual hal yang lain, misalnya pelayanan yang cepat, ramah, dan sopan atau jasa atau produk yang berbeda dari kompetitor Anda.


  • Sikapi Kegagalan dengan Cerdas
Risiko kegagalan tentunya ada salam setiap bisnis. Sebagai pengusaha, kegagalan seperti sudah menjadi sahabat setiap harinya. Ketika Anda menemui kegagalan, maka segera cari penyebabnya dan sikapi kegagalan tersebut dengan cerdas.


  • Gunakan Keuntungan dengan Cerdas
Ingatlah, menjadi pengusaha berarti Anda harus menginvestasikan kembali sebagian dari laba atau keuntungan yang Anda dapat dari bisnis Anda. Anda harus menggunakan laba tersebut dengan bijak dan cerdas untuk mengembangkan usaha Anda. Jangan terlena dengan laba yang besar sehingga melupakan kelanjutan bisnis Anda.

Selamat dan semoga sukses memulai usaha Anda.