Cara Saya berbagi tentang : 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer Untuk Menambah Wawasan

Cara Saya berbagi tentang 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer dapat sharing dengan yang lainnya Ya udah Langsung saja Membaca 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer pada blog ini
7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer

Semakin canggih teknologi yang ditanamkan pada komputer berimbas pada alat penunjang komputer lainnya termasuk monitor. Monitor komputer saat ini telah beralih dari monitor tabung ke monitor LCD komputer yang tidak terlalu memakan banyak tempat dan nyaman untuk digunakan. LCD sendiri merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display dan dikenal juga sebagai flatscreens. 

Sebelum menjadi monitor LCD komputer, LCD sendiri telah digunakan terlebih dahulu untuk sementara waktu, misalnya dalam jam digital dan laptop. Dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menjadi standar untuk monitor desktop. Selama waktu yang sama, LCD juga telah menaklukkan pasar TV. 

Monitor flatscreen lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan dengan monitor CRT (cathode ray tube). Mereka juga membutuhkan sedikit energi untuk penggunaannya dan tidak memancarkan radiasi elektromagnetik, dan disertai dengan teknologi yang mampu menghasilkan gambar yang lebih cerah serta resolusi yang tinggi dan memanjakan mata. 

Dan berikut ini adalah tips untuk mengetahui hal penting ketika Anda membeli monitor LCD komputer. Ini akan membantu Anda untuk memahami dan lebih berhati-hati dalam memilih monitor LCD.

7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer
1. Ukuran Layar

Ukuran layar diukur dalam satuan inchi, diagonal dari kiri bawah ke kanan sudut kanan atas layar. Ukuran dari monitor ini tersedia dari 15” sampai 30”. Ukuran yang paling umum atau sering dipakai banyak pengguna saat ini adalah ukuran 19” sampai 22”, tapi tidak jarang untuk membeli ukuran yang lebih besar.
Ukuran yang lebih besar menandakan bahwa Anda memiliki ruang yang lebih pada desktop Anda. Anda mungkin dapat melihat jendela yang terbuka secara paralel. Namun, monitor yang memiliki ukuran lebih besar dapat memakan banyak tempat untuk Anda dan cenderung lebih mahal.

2. Aspek Rasio

Aspek rasio menggambarkan jumlah relatif horizontal untuk piksel vertikal dalam monitor. Monitor CRT standar memiliki rasio 4:3. Hari ini Anda akan menemukan monitor layar lebar yang memiliki rasio aspek seperti layar bioskop, yaitu 16:9 atau 16:10. 16:9 juga sering disebut HD (High Definition).
Jika Anda sedang menonton DVD di komputer, Anda dapat menghindari bar hitam di layar Anda dengan layar lebar. Rasio lebar juga merupakan solusi paling nyaman untuk melihat beberapa jendela secara paralel. Satu-satunya alasan untuk menggunakan aspek 4:3 adalah untuk beberapa alasan atau Anda memiliki ruang yang terbatas pada desktop Anda.

3. Resolusi

Resolusi adalah jumlah piksel yang ditampilkan secara horisontal dan vertikal. Dikarenakan teknologi bawaan dari LCD, flatscreen hanya memiliki satu resolusi yang dioptimalkan atau resolusi bawaan. Oleh karena itu, resolusi asli mereka menggambarkan jumlah mutlak piksel yang hadir secara vertikal dan horisontal.
Tidak seperti monitor CRT yang menggunakan resolusi rendah dibandingkan dengan layar datar yang mengakibatkan gambar menjadi kabur. Oleh karena itu, penting untuk memilih resolusi yang benar dari awal karena Anda tidak bisa mengubahnya, kecual jika Anda menerima kualitas gambar tersebut seadanya.
Resolusi yang lebih tinggi berarti memiliki tampilan gambar yang lebih tajam, tingkat kejelasan yang tinggi dan ruang desktop yang lebih. Ini akan terlihat lebih sempurna ketika Anda menjalankan multitasking dan menonton film di monitor Anda. Di sisi lain, teks menjadi jauh lebih kecil dan sulit untuk dibaca. Jadi resolusi tinggi harus dihindari jika Anda memiliki penglihatan kurang sempurna.

4. Kontras Rasio

Kontras rasio menggambarkan perbedaan antara hitam dan putih yang ditampilkan pada LCD monitor. Tinggi rasio putih dan hitam harus seimbang, serta tingkat yang lebih besar diantara abu-abu. Rasio terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah 1.000:1,kontras rasio adalah topik pembahasan yang sulit. Anda tidak bisa benar-benar membandingkan nilai antara produsen yang berbeda.

5. Kecerahan

Monitor LCD mendapatkan cahaya dari beberapa lampu latar. Kecerahan diukur dalam candela per meter persegi (cd/m2). Sebuah rating yang tinggi minimal sebesar 300 cd/m2, yaitu untuk penggunaan menonton film atau bermain game di komputer Anda. Untuk pekerjaan kantor dan browsing Anda hanya membutuhkan tingkat kecerahan yang lebih rendah dari 200-250 cd/m2.

6. Sudut Pandang

Semakin tinggi sudut pandang, maka orang lain dapat melihat monitor Anda secara jelas dari sisi layar. Dibandingkan dengan CRT, LCD memiliki sudut pandang yang terbatas. Namun, fitur ini hanya menarik jika Anda mengharapkan diri atau teman Anda melihat monitor Anda dari sudut pandang yang berbeda. Anda bisa mengabaikannya jika Anda selalu berada tepat dihadapan monitor.

7. Port

Selain membicarakan teknologi pada monitor, ada baiknya kita memperhatikan port yang terdapat pada monitor yang ingin Anda beli. Yang paling penting, periksa connector untuk support video card Anda. Berikut ini adalah gambaran singkat dari port yang paling umum:
  • DisplayPort. Tampilan antarmuka digital terbaru yang diproduksi sejak tahun 2008.
  • HDMI, High Definition Multimedia Interface sebuah perangkat audio/video digital yang telah di produksi pada tahun 2003.
  • DVI. Digital Video Interface merupakan perangkat digital video pertama yang diproduksi untuk menggantikan VGA sejak 1999.
  • VGA (Video Graphics Array, konektor analog lama, pertama kali diproduksi pada tahun 1987.
    [PY]
Cara Saya berbagi tentang 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan 7 Tips Penting Membeli Monitor LCD Komputer dapat sharing dengan yang lainnya

0 comments:

Poskan Komentar