Cara Saya berbagi tentang : Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap Untuk Menambah Wawasan

Cara Saya berbagi tentang Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap dapat sharing dengan yang lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap pada blog ini
mengatasi masalah blackberry
Tips Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap
Meski sedikit tergerus Android, namun BlackBerry tetap masih jadi primadona. Hal ini, berkat layanan BlackBerry Messenger (BBM) dan Push Mail-nya. Namun, kecanggihan fitur dan fasilitas yang ditawarkan BlackBerry tentunya masih ada celah 'masalah, yang paling umum adalah performa baterai yang terbilang boros. Selain itu, masih banyak pula problem yang dihadapi pengguna saat berinteraksi dengan BB kesayangannya. Apa saja dan bagaimana solusinya?

Menghapus aplikasi yang membandel
Masalah ini mungkin akan jarang ditemukan, tetapi ada beberapa kasus dimana sebuah aplikasi tidak dapat dihapus atau uninstall. Untuk mengatasinya, menjalankan BlackBerry dalam Safe Mode seharusnya bisa menyelesaikan masalah. Caranya, tekan tombol alt + shift kanan + del secara bersamaan (Soft Reset) atau cabut baterai BlackBerry Anda dan pasang kembali (Hard Reset), kemudian saat lampu LED menyala merah, segera tekan tombol back. Tahan tombol back hingga muncul tulisan logo dan tulisan BlackBerry pada layar, tunggu beberapa saat sebelum dilepaskan. Apabila berhasil Anda akan mendapati notifikasi di homescreen yang menginformasikan bahwa BlackBerry dalam keadaan Safe Mode, pilih OK.
Berikutnya Anda bisa meng-uninstall aplikasi yang bermasalah. Setelah itu restart BlackBerry dalam mode normal dan masalah terselesaikan.

Kinerja browser BlackBerry yang lambat
Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kecepatan kinerja browser yang melambat adalah dengan menghapus Cache dan Cookies dari browser. Untuk melakukannya buka browser, tekan tombol menu>Options>Cache Operations. Anda dapat menghapus Content Cache, Pushed Content dan Cookie Cache dengan menekan tombol virtual bertuliskan Clear pada layar. Anda juga bahkan dapat menghapus browser history (berisi informasi situs apa saja yang pernah Anda kunjungi) pada menu ini.

Mengembalikan kontak BBM yang terhapus
Jika tidak pernah mem-backup kontak BBM, sepertinya hal tersebut hampir mustahil dilakukan kecuali dengan cara mengundang (invite) kembali satu per satu kontak Anda. Untuk menghindari hal demikian terjadi, Anda harus membiasakan diri membackup kontak BBM, sehingga dapat me-restore¬nya kapanpun dibutuhkan. Fitur ini dapat ditemukan dengan cara, masuk ke aplikasi BlackBerry Messenger, tekan tombol menu>Options> Scroll menggunakan trackpad/trackball ke bawah pada bagian Backup Management.

Membuat jalan pintas menuju fitur atau aplikasi tertentu
Secara default BlackBerry memang tidak menempatkan beberapa fitur atau aplikasi tertentu langsung pada direktori menu utama. Untuk lebih cepat menuju fitur atau aplikasi tertentu yang sering digunakan, Anda dapat memanfaatkan fitur Convinience Key. Caranya, pada menu utama buka folder Settings> Options> Scroll ke bawah dan pilih Screen/Keyboard, di dalamnya tersedia pilihan "Right Side Convenience Key Opens:" dan "Left Side Convenience Key Opens:", ubah pilihannya sesuai fitur atau aplikasi yang sering Anda gunakan.

Memanfaatkan file manager pada BlackBerry
Mengingat fungsinya yang mendekati komputer, kehadiran file manager pada sebuah smartphone teramat penting. BlackBerry memiliki fitur file manager tanpa harus meng-install aplikasi pihak ketiga. Secara default terletak dalam folder Application dan bernama "Files". Namun ada cara lain untuk mengaksesnya, terutama untuk perangkat BlackBerry yang menggunakan BlackBerry OS sebelum versi 5 yang memang tidak menempatkan fitur file manager pada menu. Caranya, buka folder Media pada menu utama> tekan tombol menu> Explore.

Menemukan kontak dengan cepat
Sejauh ini, cara tercepat untuk menemukan kontak yang Anda perlukan adalah dengan mengetik nama yang dimaksud pada keyboard. Setelahnya, Anda dapat menentukan cara berkomunikasi yang diinginkan dengan menenkan tombol menu.

Boros baterai pada BlackBerry
Boros baterai memang menjadi masalah umum smartphone BlackBerry, yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai diantaranya, mengatur brightness atau tingkat kecerahan layar ke level terendah, serta mematikan aplikasi yang tidak digunakan. Jika memungkinkan ubah Network Mode menjadi 2G dan manfaatkan fitur Auto On-Off untuk mematikan BlackBerry secara otomatis pada jam istirahat malam.

Menjaga privasi pada BlackBerry
Jika tidak suka BlackBerry yang dimiliki diutak-atik oleh orang lain tanpa sepengetahuan dan seizin Anda. Solusinya, Anda dapat memasang password pada BlackBerry, dengan cara pilih Options dari menu> Password. Ganti pilihan password ke enable, klik Set Password, masukkan password yang diinginkan, tekan tombol back> Save.

Memisahkan antara SMS dan email
Secara default menu Messages memang di desain untuk menampilkan semua pesan, baik email, SMS, BBM bahkan milik aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp. Namun Anda dapat memisahkan SMS dengan menekan tombol menu saat berada dalam menu Messages> Options> Main Message List Settings, kemudian hilangkan tanda centang pada pilihan SMS dan MMS.

Mengembalikan performa yang melambat
Salah satu penyebabnya karena RAM BlackBerry yang menipis. Untuk itu Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan atau jarang digunakan, bebaskan memori RAM dari penggunaan yang tidak diperlukan, bersihkan event log dan jika diperlukan upgrade versi BlackBerry OS Anda.


Trackball yang tidak lagi berfungsi normal
Trackball kurang lebih bekerja layaknya bola pada mouse komputer model konvesional, sehingga masalahnya pun'terkadang sama. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba membersihkan trackball menggunakan lap atau cotton bud dan sedikit minyak kayu putih atau alkohol, putar-putar beberapa saat. lni dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menumpuk dibagian trackball yang tidak terlihat langsung. Jika tips ini tidak memberi perubahan pada masalah trackball Anda, mungkin saatnya mengganti trackball dengan yang baru.

Mengatasi pulsa yang terpotong dua kali
Terkadang meski sudah berlangganan BIS (BlackBerry Internet Service), operator masih memotong pulsa Anda ketika menggunakannya untuk terhubung ke Internet. Kemungkinan terbesar yang menjadi penyebab hal tersebut adalah BlackBerry menggunakan layanan WAP operator tanpa sepengetahuan Anda.
Untuk menghindarinya, Ada beberapa pengaturan yang perlu dipastikan.
• Pertama,
dari menu utama buka aplikasi Blackberry Browser> Tekan tombol menu> Option> Browser Configuration> Pastikan pilihan pada bagian Browser adalah Internet Browser.
• Kedua,
buka aplikasi Blackberry browser > Tekan tombol menu> Option> General Properties> Pastikan pilihan pada bagian Default Browser adalah Internet Browser.
• Ketiga,
dari menu utama buka folder Settings> Options> Advanced Options> Browser> Pastikan pilihan Default browser configurationnya adalah Internet Browser.
• Terakhir,
buka folder Settings > Options> Advanced Options> TCP/IP> Centang pada pilihan APN Settings Enabled> Isi APN dengan blackberry. net> Kosongkan username & password> Tekan tombol back> Save.

Susah terhubung ke Internet
Saat Anda berlangganan BIS, tulisan GPRS, EDGE disamping indikator sinyal seharusnya tertulis dalam huruf kapital, dan saat berada dalam jaringan 3G, tertampil logo BlackBerry diantara tulisan 3G dan indikator sinyal.
Namun jika Anda sedang berlangganan dan ternyata tidak tertampil demikian, Anda tentu tidak dapat menggunakan aplikasi dan fitur yang membutuhkan sambungan internet.
Untuk mengatasinya Anda bisa menco.ba me-restart BlackBerry dengan cara mencabut baterai, diamkan beberapa menit sebelum dipasang kembali.
Anda pun bisa mencoba mendaftarkan HRT guns menggantikan konfigurasi sambungan internet yang hilang atau rusak dengan yang baru. Caranya, dari menu utama, pilih Options> Device> Advanced System Settings> Host Routing Table> Tekan tombol menu> Register Now> OK.

Mengatasi Account BlackBerry ID yang error
Hal ini bisa menyebabkan Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dari App World. Untuk mengatasinya Anda dapat mencoba mematikan BlackBerry beberapa menit sebelum mengaktifkannya kembali.
Jika tidak berhasil, coba hapus aplikasi AppWorld, restart BlackBerry, kemudian install kembali dengan mengunduh file instalasi dari www.blackberry.com/appworld/ download. Jika belum juga berhasil, Anda mungkin perlu membuat akun BlackBerry ID yang baru.

BlackBerry cepat panas
Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya beberapa aplikasi yang masih berjalan tanpa diketahui, atau terjadi koneksi data secara konstan oleh aplikasi. Tidak hanya menjadi panas, BlackBerry Anda tentu semakin cepat menguras daya baterai. Untuk mengatasinya, matikan aplikasi yang tidak digunakan, untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan buka Options> Device> Application Management. Pastikan Anda menutup aplikasi dengan menekan tombol menu>close/exit

Jam BlackBerry tidak tepat setelah hard reset (cabut baterai)
Untuk membuat BlackBerry selalu meng-update waktu dengan tepat buka Options> Date/Time > pastikan pilihan Auto Update Time Zone ke "ON" dan Set Time menjadi "Automatic".

BlackBerry Saya tidak bisa booting (Error 507)
Meski kelihatannya seperti masalah besar, tapi error 507 sebenarnya mudah diatasi. Kode error 507 mengindikasikan bahwa BlackBerry OS tidak terinstal dengan sempurna pada perangkat BlackBerry Anda. Cara mengatasinya, download dan install sistem operasi versi terbaru untuk BlackBerry Anda. Hapus file vendor.xml yang dapat ditemukan pada direktori C:\ Program Files\Common Files\ Research In Motion\AppLoader\ > Sambungkan BlackBerry melalui kabel data> Jalankan Loader.exe yang bisa ditemukan pada direktori C:\Program Files\Common Files\ Research In Motion\AppLoader\ Loader.exe> ikuti Iangkah selanjutnya hingga instalasi OS selesai.

Mengembalikan ikon shortcut aplikasi yang menghilang dari menu utama
Jika Anda yakin aplikasi yang dimaksud belum di-uninstall dan masih ada dalam BlackBerry, kemungkinan ikon dari aplikasi tersebut tersembunyi dari menu utama dengan tidak disengaja. Untuk menampilkannya kembali, pada menu utama, tekan tombol menu> Show All> arahkan pilihan pada ikon yang dimaksud> tekan tombol menu> Unhide.

Email masuk tidak tertampil
Hal seperti ini biasanya terjadi pada akun Gmail dan menurut beberapa sumber disebabkan oleh EGP (enchanced gmail plugin), untuk menampilkan pesan masuk dan pesan lain diluar folder important> tekan tombol menu> filter> pastikan pilihan berada pada All Mail.  


source: http://medoho.blogspot.com
Cara Saya berbagi tentang Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Cara Mengatasi Masalah Blackberry Lengkap dapat sharing dengan yang lainnya

0 comments:

Posting Komentar