Cara Saya berbagi tentang : Sekilas Tentang Drupal.org CMS Untuk Menambah Wawasan

Cara Saya berbagi tentang Sekilas Tentang Drupal.org CMS kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Sekilas Tentang Drupal.org CMS menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Sekilas Tentang Drupal.org CMS dapat sharing dengan yang lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Sekilas Tentang Drupal.org CMS pada blog ini
Drupal adalah CMS (Content Management System) yang sangat populer di dunia. Drupal sangat cocok dipakai untuk website maupun web based application. untuk pemerintahan, lembaga sosial, yayasan. sekolah dan perusahaan besar.
Masih bingung? Begini (dikutip dari wikipedia) :
drupal.org
drupal.org
Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.
Sekarang lanjut ke topik utama posting ini. Ada beberapa alasan mengapa Drupal ini bisa menjadi yang terbaik tahun 2008, sangat populer sampai saat ini sehingga runner up 2010, dan saya bilang CMS terunik.

1. Sistem Taksonomi

Drupal memiliki kelebihan dalam membuat sistem kategori dan klasifikasi yang sangat kompleks. Ini adalah salah satu kefleksibelan CMS ini. Pada Drupal terdapat istilah node yang mengacu pada semua konten yang ada. Kelebihan ini sangat membantu website yang mengutamakan konten sebagai nilai jualnya seperti situs portal berita.

2. Dukungan Database

Tidak hanya mendukung MySQL yang biasa digunakan CMS lainnya, Drupal juga mendukung PostgreSQL dan MS SQL. Sehingga menambah opsi lain dalam memilih software RDBMS.

3. Ringan

Bila dibandingkan dengan ukuran Joomla yang bisa mencapai 6,5 MB dan ketika diekstrak bisa mencapai 10 MB, atau wordpress yang berukuran 2,3 MB lalu ketika diekstrak menjadi sekitar 5 MB, Drupal sangat jauh lebih ringan. Drupal hanya berkisar diukuran 1 MB dan 3,3 MB saat diekstrak. Imbasnya ada pada kecepatan server untuk mengeksekusi perintah – perintah menjadi lebih ringan. Dan dengan file yang sangat sedikit juga mempermudah dalam perbaikan bug dan kinerja website nantinya.

4. Fitur Modular

Pada Drupal setiap penambahan fitur modul dan bloknya akan menambah sistem yang ada. Berbeda dengan CMS lain yang kadang menambah fitur yang sudah ada tetapi sedikit berbeda saja.

5. Development yang cepat

Dikatakan bahwa kecepatan keluarnya versi terbaru dari drupal adalah yang tercepat. Menurut saya kecepatan Drupal saat ini tengah bersaing dengan kecepatan pengembangan WordPress. Namun developernya berpendapat bahwa setiap update Drupal akan selalu menambahkan fitur yang setara dengan major version (biasanya minor version hanya perbaikan bug saja tanpa adanya fitur baru).

6. Multisite

Inilah satu fitur yang hanya ada di Drupal. User dapat membuat website anak di bawah website induk yang telah dibuat. Sangat menarik, misalnya anggota website bisa membuat websitenya sendiri – sendiri. Untuk update, kita hanya perlu mengupgrade website induknya saja. Lalu website – website anak akan mengikuti perkembangan website induknya.

7. Klasifikasi User

Pada drupal dimungkinkan untuk pengaturan user yang kompleks. Misalnya  seorang user bertugas untuk menulis dan mengedit, tetapi tidak memiliki kewenangan untuk mengedit tulisan user lain.

8. Forum

Tidak perlu menambahkan modul dari luar, fitur forum sudah satu paket dalam installasi Drupal.

9. Tracker

Drupal memiliki fitur untuk menampilkan apa saja yang pernah ditulis atau dikirim oleh user tertentu. Pada website ini hanya dengan mengklik “Tracker” maka akan ditampilkan semua blog, artikel, forum, maupun komentar yang pernah anda tulis. Drupal memang sudah memiliki fungsi tracker secara default.
Jika masih penasaran silakan anda mencobanya sendiri dengan mendownload Drupal di situs http://drupal.org .
Drupal Organisation Association MemberSatisfaction Guarantee, backed by Money Refund PolicyAcquia Silver partner
Cara Saya berbagi tentang Sekilas Tentang Drupal.org CMS kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Sekilas Tentang Drupal.org CMS menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Sekilas Tentang Drupal.org CMS dapat sharing dengan yang lainnya

0 comments:

Posting Komentar