Cara Saya berbagi tentang : Profil Franky Sahilatua Untuk Menambah Wawasan

Cara Saya berbagi tentang Profil Franky Sahilatua kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Profil Franky Sahilatua menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Profil Franky Sahilatua dapat sharing dengan yang lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Profil Franky Sahilatua pada blog ini
Franky Hubert Sahilatua (lahir Surabaya, 16 Agustus 1953) adalah penyanyi balada asal Surabaya, Indonesia. Namanya dikenal publik sejak paruh kedua dekade 1970-an, ketika ia berduet bersama adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky & Jane. Duet ini sempat menghasilkan lima belas album, semuanya di bawah Jackson Record.

Setelah duet ini mengakhiri kerja samanya, karena Jane kemudian menikah dan hendak memusatkan diri pada keluarga, Franky lebih banyak bersolo karier.

Karakter karya

Lirik lagu karya Franky pada masa Franky & Jane cenderung pada pemujaan alam pada awalnya, misalnya pada lagu Musim Bunga dan Kepada Angin dan Burung. Namun demikian, seperti kebanyakan penulis lagu balada lain, Franky gemar pula "bercerita" mengenai kehidupan orang sehari-hari, seperti Perjalanan atau Bis Kota. Franky pernah menulis dan menyanyikan lagu-lagu soundtrack untuk film Ali Topan.

Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, Franky banyak terlibat dalam aksi-aksi panggung bertema sosial dan nasionalisme. Ia aktif terlibat dalam masa peralihan politik dari Orde Baru menuju Reformasi, penentangan RUU APP, serta gerakan anti globalisasi.

Diskografi
Solo Album
    * Balada Wagiman Tua (1982)
    * Gadis Kebaya (1984)
    * Anak Emas
    * Lelaki dan Telaga
    * Kemarin
    * Terminal (1993) bersama Iwan Fals
    * Orang Pinggiran (1997) bersama Iwan Fals
    * Menangis (1999) bersama Iwan Fals
    * Perahu Retak (1995) bersama Emha Ainun Najib

Franky & Jane

    * Senja Indah di Pantai (1975)
    * Kembalilah (1975)
    * Balada Ali Topan (1976)
    * Musim Bunga (1978)
    * Kepada Angin dan Burung-burung (1978)
    * Dan Ketuk Semua Pintu (1979)
    * Panen Telah Datang (1980)
    * Siti Julaika (1982)
    * Di Ladang Bunga (1983)
    * Rumah Kecil, Pinggir Sungai (1984)
    * Biarkan Hujan (1985)
    * Langit Hitam (1990)
    * Potret (1991)
    * Lelaki dan Rembulan (1992).

Franky & Johnny
Franky, Jane, & Johnny

    * Menyambut Musim Petik (1986)

Album Lain

    * Kita Semua Sama (1989) - bersama Jane Sahilatua, Nur Afni Octavia, Vonny Sumlang, Utha Likumahuwa, Gito Rollies, Farid Harja, La Storia
    * 1989 - Album Rumpies berjudul "Nurlela", lagu "Malu" karya Denda Sukma.

Karya Populer

    * Lagu "Di Bawah Tiang Bendera" diciptakan Franky dan Iwan Fals pada tahun 1996, dengan latar belakang peristiwa 27 Juli.
    * Lagu "Kemesraan" yang dipopulerkan oleh Iwan Fals merupakan karangan Franky bersama adiknya, Johnny.
  source : wikipedia

www.thejeo.blogspot.com

Cara Saya berbagi tentang Profil Franky Sahilatua kepada teman-teman sobat blogger dirumah Tujuan artikel Profil Franky Sahilatua menambah wawasan Jika Sobat Suka Dengan Profil Franky Sahilatua dapat sharing dengan yang lainnya

0 comments:

Posting Komentar